Sabtu, 28 Desember 2013

NAMA    :   MUHAMMAD RIZKY SP
NPM       :  137006171
KELAS  :   1E TEKNIK INFORMATIKA 2013-14


Pengertian Komputer

Pengertian Komputer – komputer merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengolah data yang dapat digunakan sesuai dengan perintah yang telah dirumuskan.sedangkan istilah komputer pada awalnya digunakan sebagai sebutan bagi seseorang yang mempunyai pekerjaan di bidang perhitungan aritmatika, yang dimana seseorang tersebut tanpa menggunakan alat bantu, namun arti kata tersebut pada sebuah mesin. Pengolahan berbagai informasi hampir seluruhnya selalu berhubungan dengan aritmatika, namun pada kenyataannya komputer modern digunakan oleh orang untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang bahkan tidak berhubungan dengan matematika.


BAGIAN-BAGIAN DARI SISTEM KOMPUTER
1.    Hardware (Perangkat Keras).
Hardware atau dalam bahasa Indonesianya disebut dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Perangkat keras atau Hardware dibagi menjadi 3 bagian :
                                      I.        Input (Perangkat Masukkan).
Input Device adalah segala komponen hardware yang memungkinkan user memasukkan data ke dalam komputer.
Contoh: Keyboard, Mouse, Joystick, Touch pad, dll.
                                    II.        Output (Perangkat Keluaran).
Output Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran hasil pengolahan data.
Contoh : Monitor,Printer,Speaker,dll.
                                   III.        Storage Device.
Storage Device adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan hasil pemrosesan, Storage Device terdiri dari 2 jenis yaitu Internal Storage Device dan External Storage Device.
a.    Internal Storage Device adalah media penyimpanan yang terdapat di dalam komputer.
Contoh Internal Storage Device yaitu:
1.    RAM (Random Access Memory) : Menyimpan program yang kita olah untuk sementara.
Macam-macam RAM :
- Input Storage : Digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melbalui alat input.
- Program Storage : Digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
- Working Storage : Digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
- Output Storge : Digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
2.    ROM (Read Only Memory) : Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
Macam-Macam ROM:
-    PROM (Programmable Read Only Memory), yg hanya  dapat diprogram satu kali.
-       EPROM (Ersable Programmable Read Only Memory) yaitu jenis memori ROM yang dapat ditulisi program (data) secara elektris. Data/informasi/Program dapat hilang/dihapus bila terkena sinar ultraviolet. EPROM termasuk memori non-volatile, sama dengan PROM, yaitu data tak akan hilang bila komputer kita matikan/ tidak mendapat daya listrik.
b.    External Storage Device adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan & penyimpanan data, di luar komponen utama. Contoh : HDD (Harddisk Drive), Floopy Disk, CD/DVD Rom, Flashdisk.

2.    Software (Perangkat Lunak).
Software atau perangkat lunak adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui Software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
Inilah macam-macam perangkat lunak atau Software:
a)    Sistem Operasi.
Sistem Operasi (OS) adalah sekumpulan software yang mengatur sumber daya di hardware komputer dan memberikan layanan bagi program komputer. Sistem Operasi adalah komponen penting dari sistem perangkat lunak dalam sebuah komputer. Program aplikasi biasanya membutuhkan sistem operasi untuk bisa berfungsi. Contoh dari OS yaitu Ms Windows, Linux, Unix dan Mac Os (Machintos).
b)   Aplikasi.
Aplikasi berasal dari kata application yaitu bentuk benda dari kata kerja to apply yang dalam bahasa indonesia berarti pengolah. Secara istilah, aplikasi komputer adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang menggunakan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pemakai. Contohnya Pengolah kata, Utility, pemutar media, dll.
c)    Language
Language atau bahasa pemograman adalah suatu set pemrograman yang digunakan untuk membuat suatu program komputer. Bahasa komputer biasa dikenal dengan bahasa pemrograman. Program komputer atau software sendiri adalah suatu set instruksi yang harus dijalankan oleh komputer pada saat komputer dihidupkan atau ketika diperintahkan oleh pengguna komputer. Bahasa pemograman menggunakan kata-kata unik yang menjadi kode untuk menjalankan perintah tertentu pada komputer. Contoh bahasa pemrograman antara lain adalah Pascal, Fortran, Clipper, dBase, Delphi, Basic, Cobol, C++, C#, Java dan lain-lain.
3.    Brainware.
Brainware adalah istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer. Manusia merupakan suatu elemen dari sistem komputer. Manusia adalah yang merancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkannya. Atau Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer sistem pengolahan data.


Brainware terbagi menjadi 3 jenis :
-       User (Pengguna)
User adalah penghubung atau mediator antara komputer dan manusia atau user komputer itu agar hubungan antara perangkat komputer dengan user bisa terjalin. User sangat berperan penting dalam dunia komputer karena dengan adanya user interface maka kemudahan user dalam mengoperasikan suatu perangkat komputer jadi lebih mudah.
-       Programmer
Programmer merupakan orang yang mampu membuat program (Software) sehingga dapat menjalankan perangkat kerasnya (Hardware).
-       Analis
Analis adalah suatu sistem akan dirancang oleh satu orang atau sekelompok orang yang membentuk tim. Orang yang merancang sistem disebut ANALIS.
      3 FUNGSI ANALIS :
1.    Mengidentifikasikan masalah-masalah dari pemakai / user.
2.    Menyatakan secara spesifik sasaran yang harus dicapai untuk memenuhi kebutuhan user.

3.    Memilih alternatif-alternatif metode pemecahan masalah.

Sumber
http://cahkos.com/2013/pengertian-komputer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar